Sel. Okt 16th, 2018

Begini Ciri Knalpot Racing Terbaik

Bukan rahasia lagi bila knalpot adalah salah satu bagian terpenting untuk motor balap. Bahkan keberadaannya juga dapat mendongkrak performa. Berikut akan kita sedikit jelaskan ciri dari knalpot racing terbaik.

Banyak hal yang menentukan seorang pebalap dapat naik podium atau tidak ketika balapan. Salah satunya ialah performa dari motornya tersebut sendiri. Namun bicara soal motor balap, pasti knalpot menjadi di antara yang mesti mendapat perhatian khusus.

Artinya tidak boleh asal gunakan knalpot racing. Patut diperhatikan knalpot racing yang berbobot dan mumpuni untuk dipasang pada motor balap. Terlebih lagi sekarang ini memang tidak sedikit merek knalpot aftermarket yang beredar luas di pasaran.

Ada sejumlah tips enteng bagaimana memahami knalpot racing berbobot atau tidak. Untuk orang awam atau pemain baru di dunia balap, pasti hal ini memang paling penting. Agar tidak salah kaprah menjatuhkan pilihan.

“Ada sekian banyak macam teknik memilih knalpot racing. Mau bikin motor biar enak larinya atau biar enak suaranya. Itu pun tergantung motornya, 4 tak atau 2 tak,” buka Fabrianus Balank, pebalap yang punya toko sparepart motor balap FBalank128workshop.

Untuk motor 4 tak, dapat dilihat dari bahan dan hasil akhir pengelasan. Berdasarkan keterangan dari Balank, tersebut salah satu hal yang menilai performance motor balap. Jika bahan bagus dan pengelasan apik pada tiap sambungan dan sama rata unsur dalam maupun luar, tersebut menjadi sumber pemicu guna menghasilkan tenaga motor. Terutama unsur leher atau headernya.

Silincer knalpot pun menjadi di antara bagian yang mesti diperhatikan. Bagian slincer lebih pendek akan menyerahkan respon tenaga cepat terbit di unsur putaran mesin bawah. Namun bila menginginkan tenaga lebih responsif di unsur atas, maka pilih silincer yang lebih panjang.

“Tapi bila mau tenaga keluar di mesin putaran bawah dan atas, dapat dibagi dua. Silincer pilih yang tidak boleh terlalu pendek atau terlampau panjang. Kalau inginkan adem suaranya dan lebih ngebas, pilih saringan dalam knalpot yang lubangnya banyak. Dan bila mau suaranya lebih berisik, sebaliknya. Pilih saringan dalamnya yang tidak banyak lubangnya. Garis besarnya ialah jika bahan bagus dan pengelasan rapi menentukan performance motor. Kalau diukur dyno dapat naik 1-1,5 hp,” jelas Balank.

Sementara untuk motor pacu 2tak, sejatinya nyaris sama. Baik dari segi pengelasan, betuk volume tabung dan silincer luar maupun dalam. Berdasarkan keterangan dari Balank, urusan itulah yang menilai perfomance mesin.

“Kalau untuk motor balap 2tak untuk drag bike yang tidak mengadalkan endurance, lebih bagus pilih knalpot model free flow yang tidak memakai silincer. Tapi bila untuk keawetan atau endurance mesti memakai peredam atau silincer dan semua tersebut tergantung kita, setingan motor maunya seperti apa,” sambung Balank.

Berdasarkan keterangan dari Balank, knalpot motor 2tak terdiri dari sekian banyak jenis bentuk. Ada yang namanya telo (tidak memakai silincer dan jenis knalpot kayak ini tidak sedikit dipakai pada motor Yamaha RX King). Ada pun yang namanya udang, kalajengking (untuk motor Yamaha Fiz R, Yamaha Alfa, Suzuki Tornado dll. Knalpot-knalpot model itu dilengkapi dengan silincer.

Jika disaksikan dari bahan yang digunakan, maka knalpot racing buat motor pacu 4tak yang bagus ialah berbahan stainlees 304. Bahan itu memang sekarang ini yang tidak sedikit dipakai oleh sekian banyak pabrikan. Biasanya, pipa melewati proses sandblasting yang menjadikan rupanya serupa titanium.

Tapi andai memerlukan knalpot racing yang sempurna, pilihlah yang memakai bahan titanium. Karena knalpot titanium pemuaian panasnya cepat dilemparkan dan menciptakan mesin susah overhead. “Kalau guna motor 2tak dengan ongkos terjangkau, dapat pilih knalpot berbahan plat galvanis,” tutup Balank.

Nah setelah anda mengetahui ciri knalpot racing terbaik semoga anda tidak salah kaprah menjatuhkan pilihan. Selain itu anda juga harus tahu daftar harga knalpot racing terbaru agar pilihan anda tidak membuat kantong jebol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × one =